Terms of Services | Aigonesia

Terms of Services

Selamat datang di situs Aigonesia, terima kasih telah menggunakan maupun mengakses layanan, situs Aigonesia. Syarat dan ketentuan yang tertera pada halaman ini Syarat dan Ketentuan mengatur akses Anda terhadap situs https://www.aigonesia.id, aplikasi Aigonesia maupun aplikasi lain yang dikembangkan oleh Kami.

Dengan melakukan akses pada Aplikasi dan Website kami, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses Aplikasi atau Website dengan menggunakan Fitur. Syarat dan Ketentuan ini dapat dianggap sebagai perjanjian induk yang menjadi acuan untuk mengatur syarat dan ketentuan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi maupun syarat dan ketentuan Seller, dan dengan mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda menyatakan tunduk pada turunan dari Syarat dan Ketentuan ini. Ketidakberlakuan syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/ atau tidak dapat dilaksanakan. Dengan mengunggah Aplikasi dan Website melalui Android atau iOS maka Anda juga telah menyetujui syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Android atau iOS.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dianggap cakap menurut hukum Indonesia dan hukum pada yurisdiksi yang berlaku. Apabila Anda berusia 18 tahun atau kurang dari usia 18 tahun, maka Anda dapat mengakses Aplikasi dan/atau menggunakan Fitur dengan didampingi oleh orang yang dianggap cakap untuk melakukan perbuatan hukum. Jika Anda bertindak sebagai karyawan, agen, atau penerima kuasa dan bertindak untuk dan atas nama individu lain, organisasi, badan usaha, badan hukum, maupun instansi lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang berwenang untuk mewakili pihak tersebut, yang mana Syarat dan Ketentuan ini akan mengikat pihak yang Anda wakili tersebut. Jika Anda tidak cakap (termasuk namun tidak terbatas pada orang yang belum dewasa, mereka yang berada dibawah pengampuan, atau perwakilan yang tidak sah), maka Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala hal yang Anda lakukan dalam Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada aktivitas yang Anda lakukan dengan pihak lain yang menggunakan Aplikasi.

1. Definisi

1.1. Anda berarti Pengguna dan Seller secara bersama-sama.

1.2. Seller berarti orang atau badan hukum yang menyelenggarakan jasa atau menghasilkan Produk dalam artian luas yang memasarkan Jasa dan Produk dalam Aplikasi.

1.3. Hukum Yang Berlaku berarti setiap hukum nasional, provinsi setempat, kotamadya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan pedoman dasar dalam suatu yurisdiksi yang berlaku terhadap Anda dan Aigonesia.

1.4. Informasi Rahasia berarti seluruh informasi yang dikomunikasikan antara pihak dalam Syarat dan Ketentuan ini

1.5. Jasa berarti jasa dalam bidang industri kreatif dalam artian luas yang diberikan oleh Seller dan dipasarkan dalam Aplikasi dan Website ini.

1.6. Pengguna berarti orang yang menggunakan atau membeli Jasa atau Produk dari Seller melalui Aplikasi ini.

1.7. Pemesanan Jasa atau Produk berarti pemesanan Jasa atau Produk oleh Pengguna kepada Seller yang dilakukan melalui Aplikasi.

1.8. Poin berarti sebuah bentuk apresiasi yang diperoleh Pengguna dalam Aplikasi yang diberikan setelah melakukan transaksi ataupun sebagai pemberian reward secara intensif oleh Aigonesia yang jumlahnya relatif.

1.9. Produk berarti barang berwujud sehubungan dengan industri kreatif yang telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan Aigonesia untuk dipasarkan oleh Seller kepada Pengguna melalui Aplikasi dan Website Aigonesia.

1.10. Pusat Bantuan berarti suatu fitur dalam Aplikasi dan Website yang berfungsi sebagai media pelaporan yang dapat digunakan oleh Pengguna dan Seller untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Seller terkait dengan Jasa dan Produk.

1.11. Reward berarti pilihan bentuk apresiasi yang tersedia pada Aplikasi dan Website dengan mendapatkan poin.

1.12. Toko Online berarti toko online yang tedapat di Aplikasi sebagai tempat Seller memasarkan Jasa atau Produk yang akan diberikan kepada Pengguna.

2. Aigonesia

2.1. Aigonesia merupakan suatu Commanditare Vennotschap yang menciptakan, mengelola, dan mengembangkan Aplikasi yang merujuk pada situs www.Aigonesia.com serta aplikasi lain yang dikembangkan Aigonesia yang berfungsi sebagai platform yang mempertemukan Seller sebagai penyedia Jasa atau Produk dalam bidang industri kreatif dengan Pengguna agar Seller dapat memasarkan Jasa atau Produk kepada Pengguna lainnya dengan lebih mudah.

2.2. Dalam hal ini, Aigonesia menghubungkan Seller dan Pengguna melalui Aplikasi dan Website sehingga segala transaksi dan kerugian yang terjadi di luar Aplikasi dan Website bukan tanggung jawab kami.

3. Akun

3.1. Untuk dapat mengakses dan menggunakan Fitur yang tersedia dalam Aplikasi, Anda harus mendaftarkan diri Anda pada sistem yang terdapat di Aplikasi dengan membuat akun Akun.

3.2. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

3.3. Anda wajib mengisi data pribadi secara lengkap dan jujur di halaman Akun, dan Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data pribadi yang Anda cantumkan pada Akun yang menyebabkan kerugian pada pihak ketiga.

3.4. Dalam hal Akun Anda telah terdaftar di Aplikasi, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data pribadi yang sama dengan Akun Anda yang telah terdaftar, kecuali jika Kami memberi izin bagi Anda untuk melakukan hal tersebut.

3.5. Anda dapat melakukan perubahan atas setiap informasi atau data pada Akun Anda sewaktu-waktu dengan tetap tunduk pada ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh Aigonesia.

3.6. Anda dilarang untuk melakukan pengalihan dan/atau menjual Akun Anda yang telah terdaftar ke pihak lain tanpa persetujuan dari Kami.

3.7. Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat melakukan penangguhan Akun dan/atau penghapusan Akun Anda yang akan mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Akun Anda untuk sementara waktu atau secara permanen atas dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau Hukum Yang Berlaku tanpa pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada Anda. Setelah Kami melakukan penangguhan Akun dan/ atau penghapusan Akun, kami akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda melalui e-mail beserta sebab penangguhan dan/atau penghapusan Akun.

3.8. Anda bertanggung jawab atas keamanan Akun termasuk didalamnya penggunaan e-mail dan password Anda serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau sistem pihak ketiga yang Kami tunjuk. Maka dari itu, Anda dengan ini menyatakan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan Anda. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas akun Anda, Kami hanya dapat membantu Anda untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan akses Anda terhadap Akun setelah Anda memberitahukan kepada Kami mengenai hal tersebut melalui fitur kontak kami pada Layanan Bantuan pada Aplikasi dan Website atau sarana komunikasi lainnya yang Kami sediakan dari waktu ke waktu.

4. Pemesanan Jasa atau Produk

4.1. Pengguna wajib melakukan Pemesanan Jasa atau Produk kepada Seller melalui Toko Online yang terdapat pada Aplikasi, dimana Seller dan Pengguna dapat melakukan komunikasi secara langsung melalui Fitur yang disediakan oleh Aigonesia. Fitur komunikasi yang terdapat pada Aplikasi dilarang untuk digunakan sebagai:

sarana bagi Seller untuk membujuk, memerintahkan, atau meminta Pengguna untuk tidak melakukan Pemesanan Jasa atau Produk melalui Aplikasi dan Website Aigonesia.

media bagi Pengguna dan Seller melakukan komunikasi yang dilakukan bukan untuk tujuan pemesanan Jasa atau Produk; dan

media bagi Pengguna dan Seller melakukan komunikasi yang mengandung konten SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), mencemarkan nama baik, mengandung unsur diskriminatif terhadap pihak tertentu, vulgar, bersifat ancaman, mengandung pornografi, rencana kejahatan, atau konten lainnya yang melanggar norma serta Hukum Yang Berlaku. Apabila terjadi penyalahgunaan maka pihak Aigonesia akan menindak secara langsung tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

4.2. Apabila Anda melakukan larangan yang dimaksud pada Pasal 4.1 Syarat dan Ketentuan ini, maka akses Anda terhadap Aplikasi dapat Kami hentikan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh kerugian yang dialami oleh Anda atas penghentian akses terhadap Aplikasi.

4.3. Kami telah melakukan seleksi terhadap Seller dengan sebaik mungkin, namun Kami tidak dapat memastikan setiap Jasa atau Produk yang disediakan Seller akan selalu sesuai dengan keinginan Pengguna, oleh karena itu dengan ini Anda melepaskan Aigonesia dari kerugian yang Pengguna terima dari penggunaan Jasa atau Produk tersebut.

4.4. Perlu Pengguna ketahui, bahwa setiap Seller dapat memiliki kebijakan masing-masing dalam menyediakan Jasa atau Produk yang dipasarkan oleh Seller melalui Toko Online. Dengan memilih untuk memesan Jasa atau Produk yang ditawarkan Seller, Anda juga tunduk pada kebijakan yang ditentukan oleh Seller tersebut dan Anda terikat dalam perjanjian jual beli antara Anda dengan Seller di mana Seller wajib untuk menyediakan Jasa atau Produk yang dipesan Pengguna, sedangkan Pengguna wajib untuk melakukan pembayaran atas Jasa atau Produk sesuai dengan waktu yang ditentukan kepada Seller. Oleh karena itu, Kami menyarankan agar Anda mempelajari dan memahami kebijakan masing-masing Seller yang Anda pilih sebelum Anda melakukan transaksi pembelian. Pemilihan untuk memesan Jasa atau Produk yang disediakan Seller merupakan risiko Anda sepenuhnya sehingga dengan ini Anda melepaskan Kami dari tanggung jawab dan ganti rugi yang timbul dari kebijakan tambahan masing-masing Seller tersebut.

4 .5. Seller dengan alasan yang wajar dapat menolak Pemesanan Jasa atau Produk. Namun, Seller wajib memberitahukan hal tersebut kepada Pengguna sebelum Pengguna melakukan pembayaran.

4.6. Sebagaimana yang Anda ketahui, Anda mengerti bahwa baik Pemesanan Jasa atau Produk merupakan tanggung jawab Seller dan Pengguna sepenuhnya. Dengan memesan Jasa atau Produk, Anda dianggap telah membaca, mempelajari, dan setuju dengan informasi serta kebijakan yang diberikan oleh Seller kepada Pengguna. Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami dari tanggung jawab, ganti rugi, kehilangan keuntungan, atau biaya apapun yang timbul dari kelalaian atau kesalahan dalam Pemesanan Jasa atau Produk, pembatalan atau keterlambatan pemberian Jasa atau Produk dari Seller kepada Anda.

4.7. Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, Anda dapat menggunakan Pusat Resolusi untuk menyelesaikan perselisihan antara Pengguna dan Seller yang timbul sehubungan dengan Jasa atau Produk.

5. Pembayaran

5.1. Setelah Pengguna selesai melakukan Pemesanan Jasa atau Produk, Pengguna diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas biaya Jasa yang tertera di Website atau Aplikasi. Namun apabila produk tersebut berbentuk fisik dan membutuhkan biaya pengiriman maka harga yang tertera dalam aplikasi sudah termasuk ongkos pengiriman atau biaya tambahan lainnya (apabila ada).

5.2. Pembayaran atas biaya Jasa atau Produk yang telah dipesan oleh Pengguna wajib dibayarkan oleh Pengguna paling lambat 1x24 jam setelah Pengguna selesai melakukan Pemesanan Jasa atau Produk pada Aplikasi.

5.3. Kami memberikan pilihan metode pembayaran kepada Pengguna, baik melalui bank transfer ke rekening yang ditentukan Aigonesia, melalui virtual account, atau metode pembayaran lainnya yang disediakan oleh AIgonesia.

5.4. Sebelum melakukan pembayaran, kami menyarankan Anda untuk memeriksa kembali nominal biaya Jasa atau Produk yang telah Anda pesan. Dalam hal terjadi kesalahan pembayaran baik karena nominal yang dibayarkan kurang atau melebihi dari biaya Jasa atau Produk yang seharusnya, Anda perlu memberitahukan hal tersebut kepada Kami melalui fitur kontak kami pada Aplikasi atau sarana komunikasi lainnya yang Kami sediakan dari waktu ke waktu. Kekurangan jumlah pembayaran atas biaya Jasa atau Produk wajib dipenuhi oleh Pengguna sebelum Jasa atau Produk diberikan oleh Seller.

6. Pemberian Hasil Jasa dan Pengiriman Produk

6.1. Seller bertanggung jawab atas pemberian hasil Jasa serta pengiriman Produk kepada Pengguna termasuk pengemasan Produk serta memastikan bahwa hasil Jasa atau Produk yang diberikan telah sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dipesan oleh Pengguna.

6.2. Dalam hal terjadi kegagalan pengiriman karena hal yang disebabkan oleh Pengguna antara lain karena alamat atau informasi pengiriman yang diberikan oleh Pengguna salah atau tidak akurat, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.

6.3. Setelah Jasa atau Produk diterima oleh Pengguna, Pengguna perlu melakukan konfirmasi penyelesaian melalui Aplikasi dan proses transaksi dianggap telah selesai.

6.4. Apabila terdapat ketidaksesuaian spesifikasi atas Jasa atau Produk yang diterima oleh Pengguna dengan spesifikasi yang telah disepakati antara Seller dan Pengguna, maka hal tersebut dapat dilaporkan kepada Kami melalui Fitur yang Kami sediakan dan perselisihan antara Pengguna dan Seller dapat diselesaikan melalui Pusat Bantuan dengan konfirmasi maksimal 2x24 Jam. Jika tidak ada konfirmasi mengenai keluhan produk dalam 2x24 jam maka transaksi kedua belah pihak automatis telah berhasil.

7. Poin

7.1. Sebagai bentuk apresiasi Kami bagi Pengguna yang telah menggunakan Aplikasi Aigonesia untuk melakukan transaksi Pemesanan Jasa atau Produk dengan Seller, Kami memberikan Poin bagi Pengguna yang dapat ditukarkan dengan Reward yang tersedia dalam Aplikasi.

7.2. Dengan menukarkan Poin dengan Reward, Pengguna dianggap telah memahami bahwa setiap penukaran Reward akan tunduk pada syarat dan ketentuan yang diatur masing-masing Merchant.

7.3. Poin yang telah ditukarkan dengan Reward tidak dapat dikembalikan atau diganti dengan Reward lainnya apabila Reward yang Pengguna pilih tidak sesuai dengan keinginan Pengguna.

7.4. Poin yang Pengguna miliki tidak dapat ditukarkan dengan uang maupun untuk membeli Jasa atau Produk Seller yang tersedia dalam Aplikasi. Poin hanya dapat ditukarkan dengan pilihan Reward yang ditentukan oleh Aigonesia dalam Aplikasi ataupun Website.

7.5. Pengguna dilarang untuk melakukan penjualan kembali atau memperdagangkan Reward. Setiap upaya untuk melakukan hal tersebut akan berpotensi adanya pembatalan keberlakuan Reward sesuai dengan kebijaksanaan Kami.

8. Penilaian dan Ulasan

8.1. Setelah proses pemberian Jasa atau Produk selesai, Anda dapat memberikan penilaian dan ulasan terhadap hasil pemberian Jasa atau Produk oleh Seller atau perlakuan Pengguna terhadap Seller, namun penilaian dan ulasan tersebut bukan untuk Aplikasi maupun Fitur yang terdapat di dalam Aplikasi.

8.2. Penilaian dan ulasan yang Anda berikan kepada Pengguna akan ditayangkan dalam Aplikasi sehingga dilarang mengandung unsur asusila; suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA); serta melanggar Hukum Yang Berlaku di Indonesia. Jika terjadi pelanggaran sesuai dengan poin 8,2 yang di sebutkan maka pihak Aigonesia akan melakukan memblokir komentar, namun pihak aigonesia hanya memperlihatkan ratting. 

8.3. Anda dilarang memanipulasi penilaian dan ulasan dengan cara termasuk namun tidak terbatas pada pemberian hadiah atau memaksakan pihak lain untuk menuliskan penilaian dan ulasan yang baik tentang Anda.

8.4. Untuk memastikan iklim yang baik dalam Aplikasi, maka Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat menghapus penilaian atau ulasan yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau yang menurut Kami tidak layak untuk ditampilkan atau melanggar norma atau Hukum Yang Berlaku di Indonesia.

9. Pusat Bantuan

9.1. Dalam Aplikasi, Kami menyediakan fitur Pusat Bantuan bagi Anda untuk memfasilitasi laporan dari Anda apabila terjadi perselisihan sehubungan dengan Jasa atau Produk dengan sebab-sebab antara lain:

Pengguna telah melakukan pembayaran atas pemesanan Jasa atau Produk, namun, Seller tidak dapat dihubungi;

Seller tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu;

Pengguna meminta agar pemesanan Jasa atau Produk dibatalkan dan uang yang telah dibayar dikembalikan kepada Pengguna;

Seller tidak mengirimkan Jasa atau Produk dengan tepat waktu;

Ketidaksesuaian Jasa atau Produk dengan spesifikasi yang telah disepakati Pengguna dan Seller; atau

Sebab lainnya sehubungan dengan transaksi pembelian Jasa atau Produk melalui Aplikasi dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Aplikasi sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

9.2. Apabila hal-hal yang disebutkan pada Pasal 9.1 Syarat dan Ketentuan ini terjadi, Anda dapat memberikan laporan kepada Kami di mana Kami bertindak sebagai fasilitator antara Pengguna dan Seller.

9.3. Penyelesaian perselisihan sebagaimana diatur dalam Pasal ini dibuat untuk memudahkan penyelesaian perselisihan untuk Seller dan Pengguna serta menciptakan iklim yang baik dalam Aplikasi bagi Anda, dan tidak dibuat untuk menggantikan prosedur penyelesaian perselisihan sebagaimana diatur dalam Hukum Yang Berlaku di Indonesia termasuk namun tidak terbatas pada hukum acara.

9.4. Dalam proses penyelesaian perselisihan melalui Pusat Bantuan, Kami berhak meminta bukti-bukti berupa foto atau dokumen-dokumen pendukung yang Kami anggap penting, dan Anda berkewajiban untuk menyediakan bukti-bukti tersebut dengan iktikad baik.

9.5. Dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak penyelesaian perselisihan diajukan kepada Kami, Kami akan memberikan keputusan atas perselisihan tersebut berdasarkan bukti-bukti yang Kami terima, dan Anda dapat mengajukan banding terhadap keputusan tersebut.

9.6. Pengajuan banding atas keputusan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9.5 Syarat dan Ketentuan ini dapat diajukan dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kerja setelah keputusan tersebut dikeluarkan dengan memberikan bukti-bukti lain yang dapat mendukung pengajuan banding Anda.

9.7. Atas pengajuan banding sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9.6 Syarat dan Ketentuan ini, Kami dalam waktu 5 (lima) hari kerja akan memberikan keputusan yang bersifat final dan tidak dapat diajukan banding atas perselisihan tersebut.

9.8. Anda berkewajiban untuk mematuhi dan melaksanakan keputusan tersebut dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja. Apabila Anda masih tidak menerima keputusan tersebut, maka Anda dapat mengajukan prosedur hukum atas perselisihan tersebut kepada instansi yang berwenang berdasarkan Hukum Yang Berlaku di Indonesia.

9.9. Anda dengan ini menjamin bahwa Anda akan bekerja sama dengan dan membantu Kami dengan memberikan pernyataan yang sebenar-benarnya kepada Kami dan beriktikad baik dalam setiap penyelesaian perselisihan melalui Pusat Resolusi guna mewujudkan penyelesaian perselisihan yang damai.

10. Data Pribadi Anda

Kami akan selalu menjaga data pribadi Anda dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini dan Hukum Yang Berlaku. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan data pribadi Anda dapat diakses melalui Kebijakan Privasi Kami yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

11. Jangka Waktu dan Pembatasan Hak Akses

11.1. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk waktu tidak tertentu sampai berakhir karena alasan-alasan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.

11.2. Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat sewaktu-waktu memberhentikan sementara, membatasi atau mengakhiri akses Anda terhadap Aplikasi, Fitur, dan/ atau Akun Anda baik untuk sementara atau permanen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku, selama untuk alasan:

pelanggaran yang Anda lakukan terhadap seluruh maupun sebagian dari Syarat dan Ketentuan ini atau tidak terpenuhinya kewajiban Anda terhadap Kami;

pelanggaran hukum yang Anda lakukan yang dapat merugikan Kami secara langsung atau tidak langsung.

11.3. Kami akan memberikan notifikasi kepada Anda maksimal 2 (dua) hari kerja setelah Kami melakukan pemberhentian sementara, pembatasan atau pengakhiran atas akses Anda terhadap Aplikasi, Fitur, dan/atau Akun Anda.

11.4. Pemberhentian sementara, pembatasan atau pengakhiran atas akses Anda terhadap Aplikasi, Fitur, dan/ atau Akun Anda untuk sementara atau permanen tidak membatasi Kami untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu untuk melindungi kepentingan Aigonesia.

12. Hak Kekayaan Intelektual

12.1. Aplikasi, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya yang disediakan oleh Kami (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan dalam Materi adalah milik Kami seluruhnya dan Kami memberikan Anda lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan yang mana dapat dicabut atau ditarik kembali atas kewenangan Kami sendiri. Anda dengan ini memahami bahwa Anda tidak akan memiliki hak, kepemilikan atau kepentingan terhadap Materi kecuali ditentukan lain oleh Syarat dan Ketentuan ini.

12.2. Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan atas Materi selain dari yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual milik Kami sehingga Kami dapat melakukan upaya hukum yang tersedia berdasarkan Hukum Yang Berlaku untuk memulihkan kerugian yang disebabkan oleh pelanggaran tersebut.

13. Larangan

13.1. Anda hanya dapat mengakses Aplikasi dan menggunakan Fitur untuk penggunaan pribadi dan bisnis Anda tanpa melanggar hukum atau hak siapa pun. Pada saat mengakses Aplikasi dan/atau menggunakan Fitur, Anda dilarang untuk:

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Pengguna lain, Seller lain, atau Kami;

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Aplikasi baik yang bersifat pribadi atau publik;

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apa pun yang berakibat terganggunya akses ke Aplikasi oleh Pengguna atau Seller lain;

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Aplikasi, Fitur atau hak kekayaan intelektual lainnya milik Kami;

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Aplikasi;

memanfaatkan Aplikasi dan/ atau Fitur untuk melakukan transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku;

menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Anda dari Aplikasi;

mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Aplikasi atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Hukum Yang Berlaku terhadap koneksi Internet;

mencoba mengakses bagian dari Aplikasi yang Anda tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;

melakukan tindakan plagiarisme atau melakukan publikasi atas konten yang ditampilkan pada Aplikasi tanpa izin dari Kami atau pihak ketiga terkait ataupun tanpa mencantumkan identitas Kami atau pihak ketiga terkait sebagai pemegang hak cipta atas Materi;

melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Aplikasi; atau

melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan melakukan aktivitas yang melanggar hukum, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Aplikasi.

13.2. Kami memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan.

14. Konten dan Akses ke Konten Pihak Ketiga

14.1. Dalam menggunakan Aplikasi dam Website, Anda dilarang untuk mengunggah atau memasukkan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi atas situs lain selain Aplikasi dan Website Aigonesia. Serta konten lainnya yang dilarang menurut Syarat dan Ketentuan ini, Hukum Yang Berlaku dan nilai serta norma yang terdapat di masyarakat.

14.2. Anda dilarang untuk menggunakan, mengunggah, mempublikasikan dan/atau dengan kata lain mengadakan foto/gambar milik pihak ketiga tanpa persetujuan pihak ketiga tersebut ke dalam Aplikasi sehingga menyebabkan pelanggaran hak pihak ketiga.

14.3. Ketika Anda mengunggah atau memasukkan konten ke dalam Aplikasi, Anda memberikan Kami hak non-eksklusif, tidak terbatas pada wilayah, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Anda miliki dalam konten. Selanjutnya jika diperbolehkan oleh Hukum Yang Berlaku, Anda dengan ini menyatakan untuk tidak menuntut hak ekonomis yang Anda milik atas hak cipta dari konten tersebut terhadap Aigonesia.

14.4. Kami berhak untuk sewaktu-waktu menghapus konten atau materi yang terdapat pada Aplikasi yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan ini, peraturan Hukum Yang Berlaku, serta nilai dan norma yang berlaku.

14.5. Aplikasi dapat memuat konten milik pihak ketiga atau tautan ke situs pihak ketiga, yang disediakan sebagai informasi bagi Anda. Kami telah memiliki izin atau lisensi yang diperlukan sehubungan dengan tersedianya konten atau tautan ke situs pihak ketiga yang terdapat di Aplikasi.

14.6. Kami hanya bertanggung jawab terhadap segala konten yang Kami miliki. Kami tidak menjamin setiap konten yang disediakan oleh pihak ketiga di Aplikasi adalah konten yang berkualitas, akurat, dapat dipercaya, atau bebas dari pelanggaran hukum.

14.7. Kami tidak dapat melakukan kontrol, mendukung atau memonitor isi dari situs pihak ketiga dan tidak akan bertanggung jawab terhadap kesalahan atau kelalaian pihak ketiga, dan Anda bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri atas akses Anda ke dalam situs tersebut. Syarat dan Ketentuan ini tidak mencakup akses Anda ke dalam situs pihak ketiga tersebut.

15. Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

15.1. Kami selalu berupaya untuk menjaga Aplikasi Kami aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, Kami tidak dapat menjamin bahwa Aplikasi ini akan beroperasi secara terus-menerus atau akses ke Aplikasi dan website Kami dapat selalu sempurna.

15.2. Anda dengan ini setuju bahwa Anda memanfaatkan Aplikasi dan Website Kami atas risiko Anda sendiri, dan Aplikasi diberikan kepada Anda pada "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia", serta tidak dapat diubah, dimodifikasi, atau disesuaikan dengan permintaan khusus dari Anda.

15.3. Kami menolak untuk menjamin bahwa Aplikasi beserta Fitur akan beroperasi tanpa terganggu atau bahwa Aplikasi dan Fitur tersebut akan bebas dari cacat ringan atau kesalahan yang tidak mempengaruhi kinerja tersebut secara materiil, atau bahwa segala Fitur yang terdapat pada Aplikasi dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

15.4. Segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Anda akibat penggunaan Aplikasi merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya, sepanjang diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.

15.5. Sepanjang diizinkan Hukum Yang Berlaku, Kami dengan ini tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami atas segala akibat, kerugian, dan/atau kerusakan yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:

informasi atau konten yang dituliskan oleh Seller atau Pengguna lain;

kelalaian atau kesalahan yang Anda lakukan selama mengakses dan/atau menggunakan Apl ikasi dan/atau Fitur;

pelanggaran hak atas kekayaan intelektual pihak ketiga oleh Anda;

kualitas Jasa atau Produk yang dipasarkan atau diberikan oleh Seller;

pemberian atau penggunaan Jasa atau Produk yang tidak dilakukan dengan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini;

kebijakan yang ditentukan oleh Seller atas Jasa atau Produk yang diberikan, termasuk namun tidak terbatas pada program potongan harga, paket pembelian bundling maupun kebijakan lainnya;

pembatalan pemesanan Jasa atau Produk yang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini;

gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Aplikasi sepanjang Kami telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Aplikasi;

kerusakan jaringan komputer, telepon seluler, atau perangkat elektronik Anda akibat penggunaan Aplikasi;

virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Aigonesia; dan

peretasan yang dilakukan pihak ketiga kepada Akun Anda.

15.6. Apabila terdapat perselisihan yang timbul antara Anda dengan Seller ataupun Pengguna lainnya yang timbul dari proses transaksi pembelian Jasa atau Produk, Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami (termasuk induk perusahaan, direktur, karyawan, dan/ atau wakil sah Kami) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat).

15.7. Anda dengan ini setuju bahwa akan melepaskan Kami dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Kami (termasuk direktur dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda, penggunaan Aplikasi Kami yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Anda terhadap Hukum Yang Berlaku atau hak-hak pihak ketiga.

16. Penyelesaian Perselisihan

16.1. Seluruh perselisihan yang muncul antara Anda dan Kami sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan jangk a waktu 30 (tiga puluh) hari sejak perselisihan tersebut diinformasikan kepada Kami.

16.2. Sebelum menghubungi Kami secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Anda setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media online maupun cetak terkait permasalahan tersebut yang dapat menyudutkan Aigonesia.

16.3. Apabila tidak tercapai kesepakatan dari musyawarah dan mufakat, maka gugatan secara perdata hanya dapat diajukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

16.4. Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, Anda wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Anda harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan ini.

17. Lain-lain

17.1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat, dilaksanakan, tunduk dan ditafsirkan berdasarkan ketentuan hukum Republik Indonesia dan bahasa Indonesia yang dapat diterjemahkan ke bahasa lain. Jika terdapat perselisihan mengenai definisi maupun penafsiran atas hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.

17.2. Syarat dan Ketentuan ini mencakup ketentuan akses atas Aplikasi yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara Aigonesia dan Anda. Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda dalam Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga manapun.

17.3. Kami selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dalam mengakses Aplikasi Kami sehingga Kami berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu akan diunggah ke Aplikasi agar Anda dapat membaca perubahan dari Syarat dan Ketentuan ini. Apabila perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini bersifat material, maka Kami akan memberitahukan kepada Anda sebelum perubahan berlaku efektif. Dengan tetap mengakses Aplikasi, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini.

17.4. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang melawan hukum, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.